...

Monday, April 22, 2013

UN itu Wajib, Pemerataan Pendidikan itu Harus

Hari ini selasa -__-" itu date postinganya kok masih monday aja yaa.. hari ini hari kedua gue ngawas Ujian Nasional (UN). Ya ya ya gue ditunjuk sama sekolah gue buat jadi pengawas di sekolah menengah atas (SMP) di suatu tempat terpencil di daerah gue. Daerah nya agak terpenlosok dan suhunya kak.. wwwiiiihh Ginjal gue ampe kebanjiran kak !. Ujian hari kedua ini berjalan dengan lancar dan biasa-biasa saja, siswa mengerjakan soal UN, sedangkan gue wajah-wajah unyu tak berdosa itu dari bangku pengawas. Sesekali gue lihat mereka saling lirik-lirikan ke arah temannya sambil menyanyakan sesuatu, entah apa yang ditanyakan. Tapi gue yakin  gak mungkin mereka nanya jawaban, itu soal masing-masing anak beda-beda kak! jawaban pasti BEDA.. 30 soaal meennn... plus isi barcode.. yaaa barcode yang garis-garis itu loh.

Cuman gue penasaran banget, itu barcode kalo dibawa ke kasir minimarket muncul apa ya di barcode reader nya? apa jangan-jangan yang muncul itu tulisan "Maaf Anda Kurang Beruntung" -___-" Whaat the kampreet??!! Oke lupakan sejenak soal barcode, sekarang gue mau singgung masalah tulisan di sebelah kiri atas soal UN. tulisannya kayak gini nih...


Gue selalu nyengir sendiri kalau liat tulisan itu. Gimana engga..? gue adalah salah satu orang yang pagi ini berhasil membagi-bagikan dokumen negara yang sangat rahasia ke anak-anak unyu tak berdosa generasi penerus bangsa ini. Nyahahaha GUE BANGGA! Tepuk tangan buat gue... 


Kembali lagi ke pelaksanaan ujian nasional,gue ucapin terima kasih buat yang di atas sana yang udah mengadakan ujian nasional ini sehingga guru-guru menjadi semakin pintar YouKnowWhatIMean. Terima kasih lagi karena udah membuat UN untuk mata pelajaran tertentu saja, sehingga gue gak perl pusing kayak gur mata pelajaran laen wkwkkw XD

Pertanyaan gue sekarang, apakah UN tahun depan akan lanjut? atau ditiadakan? Kalau ditiadakan berarti program UN itu, GAGAL. kalau dilanjutkan, apakah pemerintah akan berkaca dari kegagalan UN tahun ini? Kegagalan yang gue maksud adalah gagal melaksanakan UN tepat pada waktunya (untuk SMA), gagal mencetak naskah UN sesuai dengan jumlah (banyak sekolah yang kekurangan naskah ujian) dan yang terakhir gagal memahami baahwa negara kita adalah negara yang ber Bhineka. Gue bingung kenapa pada saat UN aja yan harus disamakan di seluruh wilayah Indonesia, padahal kita tahu negara kita antar daerah itu berbeda-beda dan kita harus akui itu. Coba lihat Kupang dengan Jakarta! SAMA?
Seorang narasumber yang gue lupa nyatet namanya di metrotv mengibaratkan UN nya kalau di duna hewan seperti ini "ada kambing, sapi, kera, ayam, ikan, dan dll tapi semuanya disuruh lomba manjat pohon. adil gak?

Saran gue untuk orang-orang di atas sana, akan lebih mulia jika kualitas fasilitas pendidikan nya dulu yang disamakan di seuruh indonesia, setelah pendidikan merata, maka baru bisa melaksanakan evaluasi dengan baik. Di sekolah di kota-kta besar, anak-anak sudah mengenal i-pad, sedangkan mereka yang di pedalaman dan terpencil masih kekurangan buku untuk sumber belajar. UN itu baik, dan gue sangat mendukung, tapi akan lebih baik lagi jika pendidikanya sudah merata. Jangan sampai UN hanya dijadikan Uji Nyoba kebijakan pemerintah di bidang pendidikan.

16 comments:

  1. waaah ngawas UN ?? kereeeen :o
    setuju deh sama kalimat terakhirnya :D

    ReplyDelete
  2. jdi yg pnya blog pak guru yaa..hehe #sotoy

    iyaa neh..kita gak bsa mnyamaratakan komptensi anak2 diseluruh Indonesia..bnyak perbdaan di lpangan. kayaknya,pjbata2 itu dsuruh studi banding ke pelosok indonesia biar tau gmn sbnarnya di Lapangan. jgn studi banding ke luar negeri. Ngeri kita sndiri aja gak kenal..#Weew kok saya jdi esmosi gni ya??hehe

    setuju deh ama sarannya..:D

    ReplyDelete
  3. ciee yang jadi pengawas. jadi yang punya blog ini sudah besar :| jangan galak galak mas bro huehehehe

    ReplyDelete
  4. wah... ternyata dibalik hobynya yang suka nongkrong di toilet, ada bakat terpendam jadi pengawas. Hebat..
    Eh pengawas itu bakan bukan sih... krik krik...

    ReplyDelete
  5. gue pas un kemaren LJK nya kelipet nih mbak pengawas, bahaya nggak yah ??

    ReplyDelete
  6. kalimat yang terakhir setuju !
    kasian banget yang di pelosok pelosok , seakan akan yang di pinggiran kurang dapet jatahnya

    ReplyDelete
  7. Lo pengawas? Ah lo mah lebih ke ngawasin pengawas kali biar berhasil nyonteknya.

    ReplyDelete
  8. gila lu jadi pengawas UN . keren banget, kerjanya ngapain tuhh, melotot-jalan-jalan-ngelirik-keluarmasukkelas-tanda tanggan .. hahah ia kan

    ReplyDelete
  9. UN tahun ini paling parah deh! ngenes banget kalo yg lain udah UN, tapi yg lain masih diundur mulu.

    ReplyDelete
  10. sebagai calon guru, gw setuju banget sama lu, tapi klo mslh pmerataan pendidikan kayaknya itu susah banget yak,,hhmm
    dokumennya serahasia apa sih sebenarnya?? rahasia, tapi tetap acara gak rahasia -_____- tau lah maksud gw kan?

    ReplyDelete
  11. menurut gua sih, un jalan aja, cuma bukan sebagai penentu kelulusan siswa dalam jenjang pendidikan dasar menengah dan atas, tapi lebih pada pre test untuk melanjutkan pada pendidikan yg lebih tinggi. menurut gua sih, entar pemerataan pendidikan kan tergantung individu masing2

    ReplyDelete
  12. Kalo menurutku UN thn dpn jangan dihapus..
    Kalo didaerah trpencil, soalnya beda sama kota kali bang. jd gk bs diumpamain kambing & kera diadu majat pohon krn soalnya sudah disesuaikan dg wilayah.

    ReplyDelete
  13. ceiii ceiiii pengawas nih yeeee,,,,,
    AWAS LOE......!!! AWASSS.... BALIKIN SEMPAK GUE!!!! :O

    ReplyDelete
  14. ya setuju , memang belum merata. standar dikota dan didesa berbeda. adik sepupu saya dulu sekolah di SMP di pamekasa, dan pindah di peknbaru, kkm nya beda ..dan pelajarannya dinilai lebih berat.

    seharusnya dibuat setara dulu

    ReplyDelete
  15. Tahun depan semoga saja pendistribusian Soal UN dapat terlaksana dengan baik, namun kalo dipikir2 setiap ada UN itu ada masalah yg dihadapi,

    ZaenuriAchmad.com

    ReplyDelete
  16. wah, kamu sudah jadi mas guru ya sampai dapat ksempatan buat mengawasi anak SMP UAN?? dan membagikan dokumen rahasia sedemikian rupa?? hihi..
    iya, kasian anak anaknya dijadiin kelinci percobaan terus menerus gitu..ckckckc

    ReplyDelete